Selasa, 12 Juni 2012

Belajar Bahasa Korea 2

#ISTILAH SEDERHANA#
===============
maknae : sebutan untuk yang paling muda dalam anggota
Saranghae : ‘aku cinta kamu’ dalam bahasa korea
Mianhae : ‘maaf’ dalam bahasa korea
kamsahamnida / komawo : ‘terima kasih’ dalam bahasa korea
Yeoja : ‘perempuan’ dalam bahasa korea
Namja : ‘laki-laki’ dalam bahasa korea
chingu : ‘teman’ dalam bahasa korea
Yeoja-chingu : ‘pacar perempuan’ dalam bahasa korea
Namja-chingu : ‘pacar laki-laki’ dalam bahasa korea
Halmeoni : ‘nenek’ dalam bahasa korea
Harabeoji : ‘Kakek’ dalam bahasa korea
eomma : ‘mama’ dalam bahasa korea
appa : ‘papa’ dalam bahasa korea
ajusshi : ‘paman’ dalam bahasa korea
ajumma : ‘bibi’ dalam bahasa korea
Hyung : ‘kakak laki-laki’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah laki-laki)
Nunna : ‘kakak perempuan’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah laki-laki)
Oppa : ‘kakak laki-laki’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah perempuan)
Eonni : ‘kakak perempuan’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah perempuan)
Dongsaeng : ‘adik’ dalam bahasa korea
Yeo-Dongsaeng : ‘adik perempuan’ dalam bahasa korea
Namja-Dongsaeng : ‘adik laki-laki’ dalam bahasa korea
Netizen : ‘Internet Citizens’ orang yang merupakan bagian dari komunitas internet.
MV : Music Video
CF : Commercial Films
Cyworld : tempat dimana artist dan fans bisa berinteraksi lewat dunia maya
antis / AF : kebalikan dari fans (Anti-Fans) „ orang2 yang ga suka dengan artis tsb .

Beberapa ungkapan sederhana dalam bahasa Korea.

Annyeong haseyo /annyeong hasimnika
(Apa kabar, selamat pagi / siang / sore )

annyeonghi jumuseyo
(selamat Malam)

Ireumi mwoyeyo?
(Siapa namamu?)

Nae ireumeun juni yeyo
(Nama saya juni)

Myeot sarieyo?
(Berapa umurmu?)

Nae naiga yol yodol sarieyo
(Umur saya 18 tahun)

Eodieseo wasseoyo?
(Kamu datang dari mana? / Dari mana asalmu?)

Naneun indonesia-eseo wasseoyo
(Saya datang dari Indonesia)

Eodie sarayo?
(Dimanakah kamu tinggal?)

Naneun jakareuta-e sarayo
(Saya tinggal di Jakarta)

Chonggyoneun mwoyeyo?
(Apa agamamu?)

Chonggyoneun isseuram-iyeyo / cheonjugyo-yeyo
(Agama saya Islam / Katholik Roma)

Annyeonghi gaseyo
(Selamat jalan)

Annyeonghi gyeseyo
(Selamat tinggal)

Annyeonghi jumuseyo / jal jayo
(Selamat tidur)

Eoseo oseyo
(Selamat datang / silakan masuk)

Deuro oseyo
(Silakan masuk) -yang menyuruh didalam-

Deuro gaseyo
(Silakan masuk) -yang menyuruh diluar-

Eotteoke jinaeseyo?
(Bagaimana kabarmu?)

Jal jinaeyo
(Saya baik-baik saja)

Tto mannayo
(Sampai jumpa lagi)

Sillyehamnida
(Permisi)

Haseyo
(Silakan)

Mannaseo bangapseumnida
(Senang berjumpa dengan anda)

Gamsahamnida / gomapseumnida
(Terima kasih -formal-)

Gamsahaeyo / gomapta / gomawo
(Terima kasih -informal-)

Cheonmaneyo
(Terima kasih kembali)

Joesonghamnida
(Mohon maaf)

Mianhamnida
(Maaf)

Gwenchanseumnida / gwenchanayo
(Tidak apa-apa / tidak masalah)

Japsuseyo / siksahaseyo
(Silakan makan)

Jal meogeosseoyo
(Terima kasih makanannya -bila selesai makan-)

Oneul julgoweosseoyo
(Hari ini sangat menyenangkan)

Jumal jal jinaeseyo
(Selamat berakhir pekan)

Saeng-il chukhahaeyo
(Selamat ulang tahun)

Baegopayo
(Saya lapar)

Pigonhaeyo
(Saya lelah)

Andweyo
(Tidak boleh)

Yeoboseyo
(Hallo -telpon-)

Juseyo
(Minta)

Billyo juseyo
(Tolong pinjam)

Algesseumnida
(Saya mengerti -formal-)

Ara / arayo / arasseo(yo)
(Saya tahu/mengerti -informal-)

Aigo / eomeo
(Ya ampun / aduh!)

Wiheomhae!
(Awas / bahaya!)

Josimhae
(Hati-hati)

Joa / johta
(Bagus / saya suka)

Geuraeyo?
(Begitu?)

Jeongmal?
(Sungguh?)

Geojitmal
(Bohong)

Gayeopseora!
(Kasihan!)

Doumhae / wonjohae!
(Tolonglah / bantulah!)

Gongbuhaja!
(Ayo belajar!)

Gaja!
(Ayo pergi!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar